Blog

Ragam Penyebab dan Tips Mudah Mengatasi Kulit Kering Anti Ribet!

Kulit kering memang terkadang mengganggu penampilan cantikmu. Bagaimana tidak? Sebab kondisi kulit ini dapat menyerang siapapun, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Lebih-lebih, peluangnya terus meningkat seiring dengan penambahan usia seseorang.

Meskipun tidak berbahaya, masalah ini tentu dapat menurunkan rasa percaya dirimu. Sebab, kulit kering sering kali menyerang spot-spot terbuka seperti bagian wajah, leher, dan bagian lainnya.

Karenanya, sebelum mengetahui ragam cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit kering, sebaiknya perhatikan dahulu beberapa penyebab kulit kering berikut ini.

Kulit Kering Bisa Disebabkan oleh Beberapa Hal Ini

Pada dasarnya, kulit memproduksi sebum. Kelenjar ini juga kerap kali disebut kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk membantu menjaga kulit tetap lembap. Akan tetapi, produksi yang berlebihan dapat menimbulkan masalah baru, yakni kulit berminyak. Kondisi kulit ini kerap kali mengundang jerawat. Di sisi lain, kekurangan produksi minyak alami pada kulit ini juga dapat membuat kulit kekeringan.

Selain itu, keluhan masalah kulit kering bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Cuaca yang terlampau dingin
  • Salah menggunakan sabun
  • Kurangnya asupan cairan di dalam tubuh
  • Terlalu sering mencuci wajah
  • Kulit kering yang disertai dengan gangguan kulit, misalnya seperti dermatitis atopik dan psoriasis
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Gaya hidup tidak sehat seperti merokok

Masalah kulit kering juga dapat disebabkan oleh gangguan penyakit diabetes. Penyakit yang ditandai dengan naiknya gula darah dalam tubuh ini dapat mengganggu kesehatan kulit. Tingginya kadar gula dalam tubuh dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit.

Merawat Kulit Kering Tidak Sulit, Lho!

Mengatasi kulit kering sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana. Asalkan, kamu tetap konsisten melakukannya. Beberapa hal di bawah ini bisa kamu terapkan untuk memperbaiki kondisi kulit wajah keringmu:

  1. Basuh Wajah dengan Air Sejuk

Sebab, kebiasaan mencuci wajah dengan air hangat dapat menghilangkan minyak alami di dalam kulit. Lebih baik lagi, hindari proses membersihkan wajah lebih dari 10 menit karena akan memperburuk masalah kulit keringmu.

  1. Selektif dalam Pemilihan Penghapus Riasan

Guna mengangkat kotoran dan riasan secara efektif, kamu disarankan untuk memilih metode pembersih ganda. Misalnya untuk membersihkan makeup, kamu dapat menggunakan Oryza Grace Rice Bran Oil. Tak hanya terkenal sebagai minyak sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari, minyak yang akrab disapa minyak bekatul ini juga secara lembut mampu mengangkat sisa-sisa riasan di wajah dan membuat wajah senantiasa lembap terawat.

  1. Lanjutkan dengan Pembersih Wajah

Bagi pemilik kulit kering, hindari pencuci wajah yang mengandung bahan pewangi, pewarna, alkohol, dan zat kimia berbahaya lainnya. Sebab zat-zat ini berpotensi dalam mengiritasi kulit kering yang tergolong sensitif.

  1. Oleskan Pel empap Wajah Secara Teratur

Penggunaan pelembap merupakan suatu keharusan untuk segala jenis pemilik kulit, terutama untuk kulit kering. Untuk jenis kulit ini, pilihlah pelembap bertekstur krim dan berbahan dasar minyak untuk membantu menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Untuk kulit yang tergolong sangat kering, kamu bisa menggunakan pelembap berbahan dasar petrolatum. Gunakan dalam batas wajar, karena terlalu banyak penggunaan pelembap bisa membuat wajah terlihat mengilap.

Itulah ragam cara mudah untuk mengatasi kulit wajah kering. Bila beberapa cara di atas sudah kamu lakukan, namun kulit terasa panas, gatal, atau kondisinya tidak semakin membaik, segera periksakan ke dokter kulit.

Upayakan juga agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi air putih yang cukup guna menjaga kondisi kulit tetap sehat. Semoga tips di atas membantu, ya!