Blog

Ambil Segudang Manfaat Minyak Bekatul Demi Tubuh Sehat!

Minyak bekatul seringnya diandalkan sebagai alternatif minyak memasak yang lebih sehat. Manfaat minyak bekatul untuk tubuh ternyata lebih besar daripada yang kamu bayangkan. Beberapa di antaranya adalah dapat mengobati alergi, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit jantung.

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya kenalan dulu dengan minyak yang memiliki nama lain Rice Bran Oil (RBO) ini. Seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini!

Bagaimana Minyak Bekatul dibuat?

Bekatul merupakan lapisan terluar yang membalut padi. Nah, Minyak bekatul merupakan minyak nabati yang dihasilkan melalui proses ekstraksi pada kulit padi.

Selanjutnya, hasil dari ekstraksi tersebut dipisahkan melalui penguapan. Guna menghilangkan ragam senyawa yang membahayakan tubuh, minyak bekatul kemudian dimurnikan kembali. Inilah yang kemudian dikemas dan diperjualbelikan di pasaran.

Berkat hal ini, minyak bekatul sering dijadikan preferensi minyak sehat bagi penikmat gorengan maupun tumisan sehari-hari. Meskipun begitu, kepopuleran minyak ini tak hanya terbatas di dapur, namun juga bisa digunakan untuk mempercantik kulitmu,

4 Manfaat Minyak Bekatul yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Manfaat minyak bekatul untuk kesehatan memang tak diragukan lagi. Bila kamu merupakan penikmat makanan yang diolah dengan cara digoreng maupun ditumis, ini ragam alasan kenapa kamu perlu berpindah dari minyak goreng biasa ke minyak sehat ini:

1. Mengandung Lemak Sehat

Sejumlah penelitian menyebutkan jika rice bran oil memiliki kadar asam lemak tak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak tak jenuh ganda yang seimbang. Tambahan lainnya, minyak esensial sehat ini juga tidak mengandung lemak trans yang membahayakan kesehatanmu.

2. Mengobati Alergi

Minyak bekatul memiliki sifat alami hypoallergenic yang bersahabat untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan reaksi iritasi pada kulit. Bahkan, minyak sehat ini disinyalir mampu menenangkan iritasi pada tubuhmu. Kabar baiknya lagi, minyak bekatul juga dapat menangani reaksoi hipersensitivitas pada kulit.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

 Gamma Oryzanol adalah senyawa antioksidan alami yang berasal dari minyak rice bran. Kelompok vitamin E ini dilaporkan efektif dalam menurunkan kolesterol jahat. Hal ini tentu dapat menurunkan gangguan penyakit progresif lainnya seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

4. Memiliki Titik Asap yang Tinggi

Keunggulan lainnya dari minyak bekatul adalah memilihi titik asap yang tinggi. Titik asap merupakan titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Sederhananya, ketika kamu memasak dengan minyak goreng, terdapat suhu ketika lemak dalam minyak berubah menjadi asap.

Guna menghasilkan titik asap yang tinggi, tentu diperlukan pemurnian seperti proses penyaringan dan pemanasan yang dapat menghilangkan senyawa-senyawa yang tidak diperlukan tubuh. Nah, rice bran oil, salah satunya dari Oryza Grace, mengandung titik asap yang tinggi, 254°C, tertinggi di antara semua jenis minyak goreng. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan yang aman pada suhu wajan saat penggorengan karena panasnya bisa mencapai lebih dari 200°C. Sedangkan, menumis membutuhkan suhu sekitar 120°C.

Lebih dari itu, titik asap yang tinggi juga bisa menjadikan rasa makanan lebih netral, tahan lama, dan semakin banyak metode memasak yang bisa kamu kreasikan.

Nah, kamu sudah lebih dekat dengan minyak bekatul lengkap dengan ragam kebaikan yang ditawarkan untuk kesehatanmu, kan? Sekarang saatnya untuk mencoba keunggulan minyak bekatul untuk membuktikan khasiat baiknya.

Akan tetapi, ingatlah bahwa kunci hidup sehat tetap harus mengandalkan kedisiplinan dan olahraga guna mendapatkan tubuh yang bugar. Penting juga untuk menambahkan asupan air setidaknya 2 liter per harinya untuk memasok kebutuhan cairan di dalam tubuh. Selamat mencoba!