Blog

6 Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Mudah dan Efektif!

Tampilan rambut kering memang kurang sedap dipandang mata sebab dapat membuatnya terlihat kusam dan tak bercahaya. Meskipun begitu, bukan berarti rambut berminyak tidak menimbulkan masalah. Pasalnya, jenis rambut ini dapat memberi kesan lepek, kotor, dan bau bila tidak diberikan perawatan yang maksimal.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sebenarnya untuk mengatasi keluhan jenis rambut ini tidaklah sulit. Kamu hanya membutuhkan komitmen selama perawatan untuk menjaga penampilan tetap segar seharian.

Sebelum mengetahui tips menaklukkan rambut lepek, ada baiknya kamu mengetahui ragam pemicu yang membuat kondisi rambutmu semakin berminyak. Coba simak penjelasannya di bawah ini!

Ragam Penyebab Rambut Berminyak

Rambut lepek disebabkan karena kulit kepala yang mengandung minyak alami (sebum) yang bekerja terlalu aktif di kulit kepala. Kondisi ini menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya, minyak tersebut mengaliri batang rambut dan membuatnya terlihat berkilau.

 

Beberapa hal lain yang dapat membuat rambut berminyak, yaitu:

  • Konsumsi makanan tidak sehat. Sadar atau tidak, makanan cepat saji atau fast food seringkali menjadi pilihan menu yang lezat untuk dinikmati saat lapar melanda. Namun, bila kamu mengonsumsi makanan yang terlalu banyak melalui proses pengolahan dapat mendorong produksi minyak pada kelenjar.
  • Pemilihan produk sampo yang kurang tepat. Percaya atau tidak, beberapa orang kerap kali menggunakan sampo yang kurang sesuai dengan kondisi rambut. Pemilihan produk pembersih rambut yang kurang tepat justru dapat mengakibatkan kondisinya semakin parah.
  • Teknik berkeramas yang kurang tepat. Misalnya kebiasaan buruk yang menggosok rambut secara berlebihan. Akibatnya, kulit kepala malah teriritasi. Kondisi ini dapat membuat rambut semakin terlihat lepek.
  • Salah satu hormon yang dapat mempengaruhi produksi minyak berlebih pada rambut dan kulit adalah hormon androgen. Bila produksinya berlebihan, maka dapat memicu rambut semakin berminyak. Lebih-lebih, pada masa menstruasi dan kehamilan, hormon androgen akan semakin aktif sehingga kamu perlu memaksimalkan perawatan ekstra guna mengurangi tampilan rambut berminyak.
  • Faktor keturunan. Tidak menutup kemungkinan selain beberapa penyebab di atas, faktor genetik juga dapat membuat seseorang memiliki rambut yang berminyak.

 

Bingung Cara Mengatasi Rambut Berminyak? Ini Jawabannya!

 Cara mengatasi rambut berminyak relatif mudah, asalkan kamu tetap mematuhi aturan dasar dan komitmen jangka panjang untuk menjalaninya. Nah, berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu jalani demi mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak:

  • Pilih sampo yang tepat. Beberapa orang masih sering keliru dalam menentukan produk pembersih rambut yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk rambut berminyak, kamu dianjurkan untuk membeli sampo yang diformulasikan untuk kulit kepala berminyak, sekaligus menawarkan manfaat menghilangkan ketombe. Misalnya seperti sampo yang mengandung ekstrak tea tree oil.
  • Perhatikan frekuensi mencuci rambut, terutama jenis rambut berminyak dianjurkan untuk mencuci rambut hanya 1 kali sehari, setiap hari. Keramas kurang atau lebih dari anjuran tersebut dapat memicu produksi kelenjar minyak berlebih sehingga dapat membuat tampilan batang rambut semakin lepek.
  • Gunakan Kondisioner dengan benar. Siapa bilang rambut berminyak tidak perlu penggunaan kondisioner? Guna menjaga kelembapannya kamu tetap dianjurkan mengoleskan kondisioner ke rambut. Namun, upayakan tidak mengaplikasikannya langsung dari kulit kepala. Oleskan dari tengah rambut hingga ujung rambut.
  • Upayakan agar tidak terlalu sering menyentuh rambut. Rambut berminyak tak hanya membuat rambut terlihat kusam, namun kerap kali berantakan. Kamu pasti sulit menahan keinginan untuk merapikannya. Tapi, tahukah kamu bila kebiasaan kecil ini dapat merangsang produksi minyak dan memproduksi lebih banyak minyak. Sebaiknya, cukup sentuh dan rapikan rambut sesedikit mungkin guna mengatasi rambut semakin lepek.
  • Coba rawat rambutmu dengan masker madu. Salah satu penelitian mengungkapkan dengan mencampurkan 90% madu murni dan 10% air dapat mengurangi gatal, kemerahan, dan minyak berlebih pada rambut. Gunakan secara teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal, ya!
  • Oleskan minyak bekatul di permukaan rambutmu. Kamu bisa mencampurkannya dengan ragam minyak esensial yang sudah dipanaskan untuk mendapatkan efek aromaterapi yang diinginkan. Panaskan sesaat dan tunggu hingga hangat sebelum membalurkannya pada permukaan rambut. Tunggu sekitar 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Kamu bisa menggunakan minyak bekatul murni dari Oryza Grace Rice Bran Oil, yang diekstraksi dengan bekatul padi dan memiliki nutrisi yang tinggi tanpa membuat rambut semakin berminyak.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi rambut lepek yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Meskipun begitu, upayakan agar tetap meminta saran dokter atau pakar kecantikan jika masalah rambut berminyak tak kunjung teratasi.